Kenangan Menarik Asy-Syaikh As-Sa’di Rahimahullaah

Asy-Syaikh ‘Abdurrahmaan As-Sa’di dikenal sebagai sosok Ulama yang berakhlaq mulia. Beliau kadang-kadang bercanda untuk menjadikan manusia senang dan tersenyum. Suatu saat, beliau bertemu dengan Shalih Al-Muthlaq, salah seorang petugas pemerintah untuk menjaga kebun yang berisi tanaman yang tumbuh ketika musim semi. Ketika itu As-Sa’di masih kecil. Beliau pergi bersama teman-temannya untuk memetik tanaman di kebun tersebut. Namun sial, beliau (Shalih Al-Muthlaq) mengusir mereka semua bahkan memukul As-Sa’di agar supaya tidak mendekat ke kebun tersebut.

Nah, setelah sekian tahun berjalan, setelah As-Sa’di menjadi Ulama, beliau memutar memori tersebut dan mengingatkan Shalih Al-Muthlaq tentang peristiwa tersebut. Dengan nada bercanda beliau mengatakan, “Semoga Allah mengampunimu, wahai Shalih, engkau memukulku padahal aku tak berbuat salah apa-apa?!”

Maka Shalih Al-Muthlaq menjawab, “Seandainya aku tahu bahwa kamu akan menjadi seorang Ulama seperti sekarang, maka dulu aku tidak akan memukulmu!!”

Mendengar jawaban tersebut, Syaikh As-Sa’di pun tertawa.

{Mawaqif Ijtima’iyyah min Hayati Syaikh Abdirrahman As-Sa’di, hal.144-145 oleh Muhammad bin Abdirrahman As-Sa’di dan Musa’id bin Abdillah As-Sa’di. Dikutip dari majalah Al-Furqon edisi 134, rubrik Ghorooib wa thorooif, tulisan Al-Ustadz Abu Ubaidah Yusuf bin Mukhtar As-Sidawi hafizhohullaahu ta’ala.}

Dikutip dari: Facebook Abu ‘Abdillah Huda

Dipublikasikan kembali oleh: www.KisahIslam.net

Facebook Fans Page: Kisah Teladan & Sejarah Islam

=

Comments
All comments.
Comments