Peristiwa Tahun Hijriyah

Peristiwa Penting yang Terjadi Pada Tahun 7 Hijriyah

1. Terjadi Perang Khaibar

Khaibar adalah daerah yang ditempati oleh kaum Yahudi setelah diusir Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam dari Madinah tatkala mereka melanggar perjanjian damai. Khaibar adalah benteng pertahanan kaum Yahudi yang merupakan wilayah pertanian dengan delapan atau lima benteng yang melindungi. Jaraknya kira-kira seratus mil arah barat laut Madinah.

Pertempuran ini terjadi pada bulan Muharram 7H

2. Pernikahan Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam dengan Shafiyyah bin Huyay Akhthab radhiyallahu ‘anha. Salah seorang tawanan pada perang Khaibar.

3. Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam di racun oleh seorang wanita Yahudi bernama Zainab bin al Harits. Dia menghadiahkan daging beracun kepada beliau. Dan Bisyr bin al Bara’ bin Ma’rur radhiallahu ‘anhu, yang ikut makan bersama Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam, meninggal dunia karena racun tersebut.

Ini merupakan mukjizat Rasulullâh shallallâhu ‘alaihi wa sallam. Beliau shallallâhu ‘alaihi wa sallam selamat dari racun yang mematikan atas pemberitahuan Allah Ta’ala kepada beliau bahwa daging tersebut beracun, juga laporan dari organ kambing itu kepada beliau.

4. Masuk Islamnya 2 panglima perang dalam sejarah Islam yaitu Khalid bin Walid dan Amr bin al Ash radhiyallahu ‘anhum.

Dikutip dari Ensiklopedi Sejarah Islam, Tim Riset Dan Studi Islam Mesir & Bidayah wan Nihayah, Ibnu Katsir, Sirah Nabi – Syaikh Syafiyyurrahman Al Mubarakfuri

Artikel: www.KisahIslam.net

Fanspage: Kisah Teladan & Sejarah Islam

=

Share:

Leave a reply

Hosted by Bestariwebhost - Web Hosting murah Vps Murah Indonesia