Wawasan

Nama Masjid Paling Aneh Di Dunia


Ka Anni Akaltu “كاني اكلت” (seakan-akan aku telah memakannya) adalah sebuah nama. Adakah seseorang yang pernah mendengar nama aneh ini?

Itu adalah nama sebuah masjid jami’ kecil di distrik “Fatih” di kota Istambul, Turki. Sementara nama masjid itu dengan bahasa Turki adalah “Sanki Yedim”, yaitu Ka Anni Akaltu “كاني اكلت” (seakan-akan aku telah memakannya).

Di belakang nama yang aneh tersebut terdapat sebuah kisah yang mengandung pelajaran besar.

Adalah seorang wira’i bernama Khoiruddin Affandi hidup di distrik Fatih, dia hidup di sana sejak masa mudanya. Di saat dia berjalan di pasar dan dirinya sangat menginginkan membeli buah-buahan, daging, atau manisan, dia berkata pada dirinya sendiri, “Sanki yedim”, (seolah-olah aku sudah memakannya). Kemudian dia letakkan uang yang tadinya ingin digunakan untuk membeli makanan itu ke dalam kotak.

Tahun demi tahun, dia terus menahan dirinya dari kenikmatan makanan-makanan tersebut, dan mencukupkan diri dengan apa yang bisa menghilangkan kepayahannya saja.

Sementara uang yang dia simpan terus bertambah di dalam kotak, sedikit demi sedikit. Hingga dengan uang tersebut dia mampu membangun sebuah masjid kecil di tempatnya. Tatkala penduduk kota mengetahui kisah orang wira’I lagi faqir ini, dan bagaimana dia bisa membangun masjid tersebut, maka mereka pun menyebut masjid jami’ tersebut dengan “Sanki yedim” –Ka anni akaltu- (seakan-akan aku telah memakannya).

Semoga Allah ‘azza wajalla merahmatinya dengan rahmat yang luas.

{Dikutip dari majalah QIBLATI edisi 07, tahun IV.}

Sumber: Abu Abdillah Huda

Artikel: www.kisahislam.net

Fanspage: Kisah Teladan & Sejarah Islam

=

Share:

Leave a reply

Hosted by Bestariwebhost - Web Hosting murah Vps Murah Indonesia