Abbasiyyah

Foto: Arsitektur Di Zaman Kekhalifahan Abbasyiah

Arsitektur Dalam Kekhalifahan Abbasiyah

Kekhalifahan Abbasiyah memindahkan ibukota Islam ke Baghdad. Di sinilah mereka memulai arsitektur mereka. Ketika ibukota dipindahkan ke Baghdad, arsitektur lebih dipengaruhi oleh timur. Mereka menggunakan pengaruh arsitektur kekaisaran Sasania yang merupakan kerajaan terakhir sebelum datangnya Islam. Ibukota terakhir kekaisaran Sassania berada didekat Baghdad. Kekaisaran Sassania merupakan Kekaisaran Persia pra-Islam dan dipimpin oleh Dinasti Sassania pada tahun 224 hingga 651 M. Kekaisaran Sassania, yang menggantikan Kekaisaran Parthia atau Kekaisaran Arkasid, diakui sebagai salah satu kekuatan utama di Asia Barat, Selatan, dan Tengah, bersama dengan Kekaisaran Romawi dan Kekaisaran Bizantium, dalam periode selama lebih dari 400 tahun.

01 - Example of Sasanian ArchitectureGambar 01 – Contoh arsitektur kekaisaran Sassania

02 - Masjid Al AsykariyaGambar 02 – Masjid AL Askariya. Dibangun pada tahun 836 Masehi oleh Khalifah al-Mutasim.

03 - Masjid Ibnu Tulun

Ibn Tulun Mosque, CairoGambar 03, 04- Masjid Ibnu Tulun dibangun antara 876 dan 879 Masehi. Dibangun oleh Ibnu Tulun, gubernur Mesir selama Kekhalifahan Abbasiyah.

04 - Masjid al MutawakkilGambar 05 – Masjid Al-Mutawakkil. Masjid ini terletak di Samara, Irak.

05 - Menara Suq al-GhazalGambar 06 – Menara Suq al-Ghazal. Ini adalah menara tertua di Baghdad. Dulunya ini adalah Masjid khalifah yang dibangun oleh Khalifah Al Muktafi 901-907 M. Masjid ini dihancurkan oleh bangsa Mongol pada tahun 1258 M dan Menara ini dibangun oleh putra Hulagu, Abagha [1264-1281 M]

06 - Palace Of UkhaidirGambar 07 – Istana Ukhaidir. Terletak sekitar 50 km sebelah selatan dari Karbala, Irak

Sumber:

[1] http://sara.theellisschool.org/worldciv/museum2007/justineb/index.html

[2] http://id.wikipedia.org/wiki/Kekaisaran_Sasaniyahv

Dipublikasikan kembali oleh: www.KisahIslam.net

Fanspage: Kisah Teladan & Sejarah Islam

=

Share:

Leave a reply