Mereka Yang Meninggalkan Tasawuf (1) : Syaikh Muhammad Az Zamzamy Al Maghraby

Beliau adalah seorang yang sangat Alim (‘Allamah) dari Maghrib beliau bernama Muhammad Az-Zamzamy Al-Ghumary yang awal mulanya adalah seorang Sufi lalu berbalik arah menuju Sunnah.

Al-‘Allamah Asy-Syarief Muhammad Az-Zamzamy bin Muhammad bin Shiddiq Al-Ghumary nama lengkapnya. Beliau dilahirkan disebuah keluarga penganut faham asy’ariyyah hingga beranjak besar, serta berdiam di sebuah rumah penganut tarekat Sufi, yaitu tarekat Ash-Shiddiqiyah, yang meliputi mereka faham jahmiyyah dan nampaknya keta’ashshuban.

Syaikh Zamzami di lahirkan Di Bur Sa’id, nama suatu tempat di Mesir ketika kedua orang tuanya dalam perjalanan berhaji pada tahun 1330 H.

Syaikh menghafal Al-Qur’an dengan bimbingan Gurunya Syaikh Al-Faqih Muhammad Al-Andalusy. Dan pada tahun 1349 Beliau mulai mentelaah dengan bimbingan saudaranya yang tertua yang bernama Syaikh Ahmad. Selanjutnya beliau bersama Saudaranya Abdullah berangkat ke Kairo. Beliau bersama Saudaranya ini mempelajari Aajurumiyah, sebagian Alfiyah Ibnu Malik, Waraqaat Imam Haramain, juga awal-awal kitab Jam’ul Jawaami’.

Tatkala beliau sampai di Kairo beliau pun belajar di Al-Azhar, belajar dengan banyak Syaikh, di antaranya Syaikh Abdus Salam Ghunaim, Syaikh Abu Thalib Hasanain, Syaikh Mahmud Al-Imam, Syaikh Abdul Majid Asy-Syarqawy, Syaikh Muhammad Bakhit Al-Muthi’iy, dan para Masyayikh lainnya. Syaikh Zamzami dalam masalah fikih mempelajari Fikih Mazhab Imam Ahmad.

Setelah beberapa lama beliau pun kembali ke negeri asalnya Thanjah, yatu ketika ayahnya wafat di tahun 1354 H. Selepas itu beliau memberikan pelajaran (duruus) di Mesjid Jami’ Al-Kabir selain di zawiyah (tempat peribadatan kaum sufi) Ayahnya. Beliau memeberikan pelajaran dalam bidang tafsir dan hadits, hingga berhimpun para penuntut ilmu mengikuti pelajaran yang beliau berikan itu. Beliau mengajarkan pula ilmu ushul, manthiq, ilmu Arabiah juga balaghah.

Syaikh Zamzami_sebagaimana telah disebutkan_tumbuh dalam keluarga dan kerabat yang berfaham tasawuf, dan beliau termasuk orang yang gigih mempertahankan ajaran tasawuf ini, sampai-sampai beliau menyusun sebuah kitab yang beliau namai “ Pembelaan terhadap jalannya kaum shufi yang terpilih”. Di kitab ini beliau menyebutkan dalil-dalil yang di khususkan untuk kaum Sufi.

Manakala beliau sampai usia yang kokoh- yaitu usia 40 tahun- matang fikirannya serta menjemput petunjuk, beliau menampakkan permusuhan terhadap jalan-jalan bid’ah tasawuf itu, dengan penentangan yang keras tak ada tawar menawar lagi, beliau menganggap sesat serta membid’ahkan mereka, mengkafirkan sejumlah besar mereka, serta berlepas dari kedua orang tuanya. Dalam hal ini beliau menulis kitab ” Zawiyah dan semua kebid’ahan dan kemunkaran yang ada di dalamnya”. Beliau berucap dengan penuh pesona ”Ketahuilah wahai kaum mukminin juga para Ulama yang sholihin bahwa sesungguhnya aku berlepas dari para panganut tasawuf yang jahil, bertaqarrub kepada Allah dengan membenci mereka serta aku menyeru untuk menentang mereka…”

Di antara penentangan beliau terhadap kaum sufi yaitu ketegaran beliau menghadapi orang-orang yang beliau mengetahui rahasia mereka, mengetahui keburukan dan tipu daya mereka terhadap manusia. Dan mereka adalah saudara-saudaranya sendiri dan murid-murid Ayah beliau, hingga mereka pun memusuhi dan dan menjauhi beliau. Terjadilah perbantahan yang sangat keras antara beliau dengan saudara-saudaranya, suatu perbantahan yang membawa kepada terbukanya hakikat dan keaiban mereka, serta manusia pun menjauhi mereka. Beliau menjelaskan bahwa kebenaran itu berdasarkan DALIL bukan karena dia berasal dari anak-anaknya Shiddiq Al-Ghumary dan jalan tarekat mereka!!!

Di antara saudara beliau ada yang mengadukan beliau ke mahkamah thagut dengan alasan merusak kehormatan dan membuka keaiban. Kita memohon kepada Allah keselamatan dan keafiyatan.
Beliau menyusun sebuah kitab yang memukul telak para pengikut tasawuf secara umum dan untuk para penganutnya secara khusus, yaitu kitab yang beliau susun dan di beri nama ”Ragam Kelompok Yang Ada di Saat ini”. Di dalam kitab ini beliau melepaskan diri dari saudara-saudaranya yang merupakan para sufi tarekat Darqawiyah yang bid’ah!!

Ada juga kitab beliau dalam masalah menjauhi kebid’ahan dan orang-orangnya ini, yaitu sebuah kitab yang besar derajatnya dan agung perkaranya , yaitu kitab yang beliau beri nama ”Pemberitahuan kepada kaum muslimin tentang wajibnya memutus hubungan dengan kaum yang mubtadi, Fajir dan dzolim”. Kitab ini adalah bantahan terhadap Saudaranya Syaikh Abdullah karena dakwahnya yang menyeru kepada pengagungan kuburan, membangun mesjid di atas kubur, berkhidmatnya di zawiyah shufiyah Ash-shiddiqiyah milik Bapaknya, serta mata rantai yang berkepanjangan penyebutannya berupa kebid’ahan yang menyesatkan.

Syaikh Az-Zamzami menulis pula berapa risalah yang menggoncang para pegiat Zawiyah yang sesat itu, yaitu kitab beliau ” Membuka tirai dari para pendusta yang membabi buta”. Hingga saudara beliau Syaikh Abdullah yang berfaham qubury berucap ”sesungguhnya akulah yang dia maksud”. Di kitab ini Syaikh Zamzami menyebut bahwa apa yang terjadi antara beliau dengan saudara-saudaranya , yaitu ibarat yang ada antara tauhid dan kesyirikan. Salah satunya menganggakat panji Islam dengan kemurnian dan kesuciannya ikhlas hanya karena Allah, adapun yang satunya lagi mengangkat panji para penyembah kuburan, menganggap bagusnya bid’ah serta menjauh dari sunnah. Inilah sebenarnya penyebab adanya perbedaan di antara mereka.

Adalah Syaikh Zamzami ini seorang yang mengikut atsar serta mengamalkan dengan dalil, bersifat tegas terhadap mereka-mereka yang ta’ashshub dalam mazhab yang dia anut, sangat kokoh dalam menyuarakan kebenaran, jauh dari kedzoliman dan mereka yang punya kekuatan, keras terhadap mereka yang dzolim juga terhadap para penajah. Dan beliau seorang yang zahid dalam dunia ini.

Syaikh Zamzami mempuanyai banyak karya tulis di antaranya kitab : ”Petunjuk-petunjuk Islam”, ”jalan yang terang”, ”Pemberitahuan bagi mereka yang punya keutamaan bahwa para ahli fikih itu bukanlah Ulama”, ”Peringatan Bagi kaum muslimin dari mazhab-mazhab masa kini”, ”hujjah yang jelas”, ”membuka tirai pendusta yang membabi buta”, juga kitab ”Pemberitahuan bagi kaum muslimin tentang wajibnya memutus hubungan dengan para mubtadi’, fajir dan dzolim”.
Dan samoai akhirnya Syaikh Zamzami sakit beberapa lamanya hingga Allah mewafatkan beliau di hari jum’at 28 Dzulhijjah tahun 1408 H. Semoga Allah mengampuni dan merahmatinya, serta mengangkat kedudukan beliau di Surga-Nya.

Selesai, semoga bermanfaat.

Di alih bahasakan oleh Habibi Ihsan dari tulisan Abu Umar Ad-Dausary yang tercatat di :

http://www.alsoufia.com/main/908-1html

Dipublikasikan kembali oleh: www.KisahIslam.net

Facebook Fans Page: Kisah Teladan & Sejarah Islam

 

Comments
All comments.
Comments