Daulah Abbasiyyah

Masa Yang Dilalui Oleh Daulah ‘Abbasiyyah

abbasiyyah02Daulah Abbasiyyah semenjak berdirinya, yaitu pada tahun 132 H, hingga runtuhya, yaitu pada tahun 656 H mengalami dua masa yang berbeda. Masing-masing masa memiliki kekhususan dan kelebihan. Kedua masa ini adalah:

1. Masa ‘Abbasiyyah Pertama:
Masa ini menjadi masa keemasaan dan kekuatannya, yaitu dari tahun 132 H – 247 H.

2. Masa ‘Abbasiyyah Kedua:
Masa ini dimulai dari berakhirnya masa pemerintahan Al Mutawakkil pada tahun 247 H dan berakhir dengan runtuhnya kota Baghdad di tangan orang-orang Mongol pada tahun 656 H. Pada kurun waktu ini, Daulah Abbasiyyah melemah. Oleh karena itu sebagian ahli sejarah menyebutnya dengan masa kelemahan.

Pada pembahasan berikut kita akan membicarakan masing-masing dua masa di atas untuk mengenali kekhususan-kekhususan terpenting dan kelebihannya. Pembahasan ini akan ditambah dengan pengenalan sebagian khalifah Daulah Abbasiyyah dengan menyuguhkan biografi ringkas tentang masing-masing mereka disertai penyebutan kejadian-kejadian yang dilalui oleh Daulah Abbasiyyah atau umat Islam pada rentang waktu masing-masing periode.

Sumber: Disalin dari buku “TARIKH DAULAH ABBASIYYAH”, Jami’atul Imam Muhammad bin Su’ud al-Islamiyyah, Riyadh Saudi Arabia, Penerjemah: Fathul Mujib, Muroja’ah: Ustadz Abu Muhammad ‘Abdul Muthi, Lc Hafizhahullah, Penerbit Hikmah Ahlus Sunnah, Cet.Pertama.

Bersambung Insyaallah..

Artikel: www.kisahislam.net

Facebook Fans Page: Kisah Teladan & Sejarah Islam

Share:

Leave a reply

Hosted by Bestariwebhost - Web Hosting murah Vps Murah Indonesia