Kaum Terdahulu

Foto: Sebesar Apa Bumi Yang Kita Tempati?

“Allah, tidak ada Tuhan (yang berhak disembah) melainkan Dia Yang Hidup kekal lagi terus menerus mengurus (makhluk-Nya); tidak mengantuk dan tidak tidur. Kepunyaan-Nya apa yang di langit dan di bumi. Tiada yang dapat memberi syafa’at di sisi Allah tanpa izin-Nya? Allah mengetahui apa-apa yang di hadapan mereka dan di belakang mereka, dan mereka tidak mengetahui apa-apa dari ilmu Allah melainkan apa yang dikehendaki-Nya. Kursi Allah meliputi langit dan bumi. Dan Allah tidak merasa berat memelihara keduanya, dan Allah Maha Tinggi lagi Maha Besar,” (Al Baqarah 255).
Rasanya, Bumi yang kelilingnya 40.000 km ini sudah sangat besar bagi kita. Untuk pergi ke Amerika atau Afrika saja jauh sekali. Apalagi jika sampai harus ke Antartika.Namun besarnya bumi kita ini tidak apa-apanya dengan ciptaan Allah lainnya. Bahkan bintang yang terbesar pun hanya satu titik dibanding Galaksi, Cluster, Super Cluster, Jagad Raya. Di atas semua itu kita harus yakin bahwa Allah pencipta Semesta Alam itu.

Dan mari sejenak kita renungkan tentang jagad raya ini.
 
(1) Ukuran Bumi dibanding Planet Jupiter

 
(2) Ukuran Bumi dibanding Matahari

Diameter (lebar) matahari diketahui mencapai 1.391.980 km. Jika bumi dimasukkan ke dalam perut matahari, ada 1,3 juta bumi yang bisa masuk.
 
(3) Ukuran Matahari dibanding Bintang Arcturus

Sama halnya seperti bumi dengan matahari, dibanding dengan Bintang Arcturus pun matahari terlihat seperti sebuah batu kerikil.
 
(4) Ukuran Matahari dibanding Bintang Antares

Saat ini bumi sudah tidak bisa dilihat lagi. Diameter Antares 804.672.000 km.
 
(5) Ukuran Bintang-bintang dibanding Galaksi Bimasakti

Kalau anda menganggap Antares sudah sangat besar, ternyata bintang itu masih belum apa-apa dibanding dengan galaksi seperti Galaksi Bimasakti yang terdiri dari ratusan milyar bintang dengan lebar hingga 100 ribu tahun cahaya (1 detik cahaya=300.000 km).
 
(6) Ukuran Galaksi Bimasakti dibandingkan Cluster

Galaksi itu pun tidak seberapa jika dibanding dengan Cluster (Kumpulan) Galaksi yang terdiri dari ribuan Galaksi.
 
(7) Ukuran Cluster di antara ribuan Cluster, kemudian ribuan Super Cluster, dst.

Ternyata di atas Cluster masih ada Super Cluster yang terdiri dari ribuan Cluster. Ribuan Super Cluster akhirnya membentuk jagad raya.
Saat ini diperkirakan Jagad Raya (Universe) lebarnya 30 milyar tahun cahaya. Tapi ini cuma angka sementara mengingat teleskop tercanggih saat ini cuma bisa mencapai jarak 15 milyar tahun cahaya.
Jika dunia ini begitu luas, maka Allah menegaskan akhirat itu lebih baik dan lebih kekal. Tentunya jauh lebih luas lagi dari dunia. Masih mau menyombongkan diri dihadapan Pencipta?  Maha Besar Allah, Rabb Pencipta Alam semesta.
Sumber: http://faktanyatanya.blogspot.com/2012/06/sebesar-apa-bumi-yg-kita-tempati.html
Facebook Fans Page: Kisah Teladan & Sejarah Islam

Silahkan di Share, Copas, Dan Lain-Lain, Dengan Tetap Mencantumkan Sumbernya.

=

Share:

2 comments

  1. ikutisalafi 23 October, 2012 at 11:20 Reply

    Assalamu’alaikum

    apakah info diatas diambil dari para ilmuwan kafir dan atheis beserta antek2nya??? ungkapan mereka yang menyatakan lebar jagat raya yaitu sekian milyar tahun cahaya…?? atau lebar galaksi bimsakti sekian milyar tahun cahaya..??

    sekedar saran cobalah kembali ke Al Qur’an dan Hadist yang sahih. alhamdulillah para ulama sunnah kita telah menjelaskannya diantaranya ustadz abdul hakim bi amr abdat dan ustadz/syeikh lainnya. sangat berbeda dengan informasi diatas.

    Jazakallahu khiran

Leave a reply

Hosted by Bestariwebhost - Web Hosting murah Vps Murah Indonesia