Mukjizat & Sabda Nabi

Belikan & Berikan…

Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam pernah meminjam seekor unta kepada seorang Badui. Beberapa waktu kemudian, sesuai waktu yang disepakati, orang Badui itu datang untuk menagih hutang kepada Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam. Adalah kebiasaan orang Badui jika bicara maka suaranya keras dan tanpa memandang dengan siapa dia bicara, si Badui langsung menagih Rasulullah dengan bahasa dan ucapan yang kasar sehingga hampir saja para sahabat marah kepadanya. Namun mereka menahan diri karena menghormati Rasulullah yang tetap tenang dan tidak marah.

Rasulullah lalu menyuruh sahabatnya, yaitu Abu Rafi’ agar membelikan seekor unta sesuai dengan umur yang telah disepakati.

“Belikan seekor unta sekian, lalu berikan kepadanya.” Sabda Nabi.
Abu Rafi’ pun segera mencarikan onta sesuai yang dimaksudkan, namun di tidak mendapatkan onta yang umurnya sesuai dengan yang diinginkan Nabi. Bahkan sahabat yang lain ikut juga mencarikan, namun tidak mereka dapatkan.

“Wahai Rasulullah, kami tidak mendapatkan onta sesuai umur yang diinginkan, kecuali onta yang lebih besar,” kata sahabat.

Maka Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,
“Belikan saja, kemudian berikan kepadanya.”

Sahabat pun membelikan onta yang lebih besar daripada onta yang dihutang. Dan memberikannya kepada orang yang memberi hutan. Lalu Rasulullah shallalahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

“Sebaik-baik kalian adalah yang paling baik ketika membayar hutangnya.” [HR.Bukhari & Muslim]

Sumber: 100 Kisah Rasulullah, Ibnu Syarqi, Muroja’ah Ust.Abu Umar Abdillah

Share:

Leave a reply