Suatu Hari Dibawah Langit Andalus

Hari ini jum’at 12 Rajab 1436 H. Tahukah anda bahwa 956 tahun yang lalu tepat di hari dan tanggal yang sama, di tahun 479 H terjadi peperangan yang besar antara pasukan Islam dan pasukan Salibis di bumi Andalus. Iya, Perang tersebut dikenal dengan Perang Zallaqah. Perang penentu yang kemudian menjadi sebab bertahannya islam di Andalus lebih dari 250 tahun kemudian.

Sebelum perang Zallaqoh, eksistensi islam di Spanyol benar-benar berada diambang kehancuran. Perang saudara yang menyebabkan pecahnya kekuatan islam dalam kerajaan-kerajaan kecil membuat keadaan semakin genting. Ditengah perselisian yang terjadi antara kelompok tersebut, Raja Alfonso VI bersama pasukan Salibis telah berhasil meruntuhkan satu persatu benteng kaum muslim dari utara Spanyol.

Kondisi ini mendorong para pemimpin islam di selatan Andalus menyudahi perselisihan yang selama ini terjadi. Mereka sepakat meminta bantuan kepada Yusuf bin Tasyfin pemimpin Daulah Ar-Murabithin yang saat itu berpusat di Maroko. Ibnu Tasyfin yang telah berusia 79 tahun segera memenuhi panggilan jihad tersebut.

Bersama 17 ribu pasukan dia bertolak menuju Andalus setelah menyeberangi selat Gibraltar. Setibanya di Andalus, Ibnu Tasyfiin menempatkan 5 ribu pasukan di Algeciras sebagai pasukan jaga yang diperlukan bila pasukan dipukul mundur. Sementara 12 ribu pasukan lainnya ikut ke medan perang. Akhirnya terkumpullah 30.000 pasukan muslim hasi koalisi dari Daulah Murabithin, Granada, Kordova dan Badajoz. Dibawah pimpinan Ibnu Tasyfiin pasukan bergerak menuju Sevilla. Saat itu camp pasukan salibis hanya berjarak 3 mil dari camp pasukan muslim.

Sebelum memutuskan untuk perang, Ibnu Tasyfin terlebi dahulu mengirimkan surat kepada Alfonso VI. Dalam suratnya Ibnu Tasyfin berkata: “Aku mendengar bahwa anda berdoa supaya dianugerahi kapal-kapal yang banyak agar bisa menyeberangi lautan demi menuju daerah kami. Kini kami datang kepadamu, dan engkau akan tahu sendiri akibat dari do’amu itu. Dan aku wahai Alfonso menawarkan beberapa opsi padamu, masuk islam, membayar Jizyah atau perang.? Saya beri anda waktu tiga hari”.

Alfonso VI menjawab,

“Aku memilih perang, apa jawabmu.?”

Ibnu Tasyfin membalikkan surat tersebut dan menulis balasannya di kertas yang sama, “Jawabannya adalah apa yang akan kau lihat dengan mata kepalamu nanti, bukan apa yang kau dengar dengar telingamu, keselamatanlah bagi yang mengikuti petunjuk”

Alfonso kembali membalasnya, namun dengan bahsa yang penuh makar, “Besok adalah hari jumat, hari rayanya orang islam dan kami tidak ingin berperang pada hari rayanya orang islam. Sabtu adalah hari raya orang Yahudi sementara dalam pasukan kami banyak prajurit Yahudi. Adapun hari ahad adalah hari raya kami, bagaimana kalau peperangnya kita tunda hingga hari senin..?

Ibnu Tasyfin menangkap adanya makar dalam surat Alfonso. Dipersiapkannlah prajurit sebagaimana rencana awal.
Pada malam harinya, yaitu pada malam jumat 12 rajab 479 H, Imam Al-Faqih Ahmad bin Rumaylah Al-Qurthuby yang turut dalam peperangan bermimpi bertemu Rasulullah. Dalam mimpinya Rasulullah berkata: “Kalian pasti menang, dan engkau akan bertemu denganku”.

Ibnu Rumaylah terbangun, hatinya dipenuhi rasa gembira. Mimpi itu dikabarkan kepada seluruh komandan perang. Semua digemparkan oleh berita tersebut. Seluruh pasukan dibangunkan. Dengan gagah Ibnu Tasyfin memerintahkan prajurit untuk membaca surah Al-Anfal. Para khatib diperintahkan untuk mengobarkan semangat jihad. Sambil keluar masuk barisan prajurit Ibnu Tasyfin mengatakan dengan suara yang lantang, “Berbahagialah orang yang meraih syahid. Siapa yang hidup, maka baginya pahala dari Allah dan ghanimah”.

Hari itu bumi Andalus menyaksikan semangat jihad dan ghiroh yang luar biasa memenuhi dada kaum muslimin. Para pemimpin bersatu di bawah kalimat yang sama “La ilaha illallah”.

Dugaan Ibnu Tasyfin terbukti, ternyata benar Alfonso ingin berbuat makar, dia ingin menyerang pasukan muslim secara tiba-tiba. Namun semua diluar dugaan Alfonso, karena pasukan muslimin telah bersiap-siap menghadapi serangan lawan kapan saja.

Sebelumnya pasukan muslimin telah dibagi menjadi tiga faksi.
Faksi pertama: Faksi andalus yang dipimpin oleh Al-Mu’tamad Allallah dengan jumlah pasukan 15.000 personil. Pasukan ini berada di garda terdepan.
Faksi kedua: Faksi campuran antara pasukan Andalus dan Maroko yang dipimpin oleh Daud bin Aisyah, panglima asal Maroko dengan jumlah pasukan 1100 personil. Pasukan ini berada pada barisan kedua.
Faksi ketiga: Faksi cadang yang sebagian besarnya adalah prajurit Maroko yang dipimpin langsung oleh Ibnu Tasyfiin. Jumlahnya sebanyak 400 personil.

Ditanah lapang yang hijau ini peperangan itu dimulai, Alfonso dan pasukannya mendapat perlawan yang sengit dari faksi pertama pasukan muslim. Perang yang terus berkecamuk hingga waktu ashar membuat masing-masing pihak kewalahan, akhirnya Ibnu Tasyfiin melepaskan prajurit pimpinannya menuju medan pertempuran. Tambahan personil itu membuat pasukan muslim kembali kuat. Ibnu Tasyfiin dan sebagian pasukan membakar camp pasukan salibis, kobaran api yang menghanguskan camp rupanya membuat salibis panik. Konsentrasi mereka terpecah, mereka dihadapkan pada pilihan antara menjaga camp atau menghadapi pasukan kaum muslimin. Akhirnya Alfonso dan prjuritnya berhasil dikepung, dan dengan izin Allah kemenangan diraih oleh kaum muslimin. Dan sebagaimana mimpinya, Ibnu Rumaylah gugur dalam pertempuran tersebut.

Dari 100 ribu pasukan salibis, hanya tersisa 450 pasukan berkuda. Alfonso yang kehilangan kainya kembali bersama sisa pasukan yang kesemuanya dalam keadaan terluka. Dari 450 pasukan tersebut, hanya 100 pasukan berkuda yang selamat hingga Toledo. Pasukan lainnya mati dalam perjalanan pulang.

Sebuah kemenangan yang luar biasa.

(Disarikan dari Qisshatul Andalus)

Catatan:

Untuk kesekian kalinya kita belajar tentang izzah.
Bahwa kekuatan kita ada dalam persatuan. Tentunya persatuan diatas akidah yang sahih.
Pertanyaan:
Kira-kira pelajaran apa yang bisa kita ambil dari kisah ini.?
Bagi komentar terbaik, kami sediakan 1 buku yang berkisah tentang Andalus.

_____________
Madinah 12 Rajab 1436 H
ACT El-Gharantaly

Dikutip dari Faceoook Ustadz Aan Candra Thalib

Comments
All comments.
Comments
  1. Bismillahir Rahmanir Rahim

    Assalamu ‘alaikum wa rahmatullahi wa barakatuh

    Beberapa perkara yang ana pelajari dari kisah di atas adalah tentang akibat dari terjadinya perang saudara; dan juga tentang tawaran sebelum berperang sama ada ingin masuk Islam, membayar Jizyah atau berperang.

    1. saat umat bersatu berbeda dengan saat bercerai berai

  2. khaer tasnim says:

    Hikmah dari kisah diatas
    1. Perlunya selalu waspada terhadap makar musuh
    2. Mengajak koalisi klompok lain yang masih dalam satu manhaj untuk melawan musuh
    3. Menghafal dan mentadabburi surah al-anfal
    skligus penyemangat dalam berdakwah dan berjihad
    4. Seorang pemimpin harus mampu melihat kondisi prajuritnya dan mampu merancang strategi perang. serta bawahan jg menguatkan pemimpinnya dengan mnyertakan bukti, yang salah satunya mimpi dari imam al faqih
    5. Ada adab ketika ingin melakukan perang. Terlebih dahulu harus menawarkan opsi ke musuh. Jika tawaran itu ditolak barulah kemudian menyatakan perang
    6. Memberikan orasi/semangat kpd prajurit sbelum dmulai perang agar pasukan semakin bersemngat

  3. nurdianto says:

    Bismillah.. Pelajaran yang dapat kita ambil adalah keharusan bagi seorang muslim untuk bersiap siaga menghadapi segala sesuatu yang dapat menimpa kita, seperti bersiap menghadapi serangan musuh (ar-ribath) dan bersiap menemui ajal kita. Juga bahwa jumlah tidak menjadi penentu kemenangan, tetapi keyakinan kepada Allah lah yang dapat membuat kita menang..

  4. Fariz says:

    Bismillah,
    Beberapa Faidah dari kisah diatas,
    1. Jihad dilakukan jika memiliki kekuatan;
    2. Tiga tahapan Jihad; 1. Menawarkan Islam, 2. Membayar Jizyah, 3. Perang
    3. Jihad pertama kali dilakukan dengan menegakkan kalimat tauhid, pentingnya ilmu sebelum berucap dan beramal;
    4. Persatuan Islam diatas akidah yang shahih membawa kemenangan;
    5. Wajibnya menyelisihi hari raya kaum kafir, karena mereka tidak pernah ridha dg Islam;
    6. Hanya menyebarkan kabar gembira kepada sesama muslim;
    7. Wajib taat kepada pemimpin;
    8. Jihad dilakukan bersama pemimpin yang sah dan ulama;
    9.Berbahagialah orang yang meraih syahid (balasannya Surga). Siapa yang hidup, maka baginya pahala dari Allah dan ghanimah.

  5. administrator says:

    jazakumullahu khairan atas komentar antum semuanya

  6. Dian says:

    Assalammualaikum. Masih boleh jawab? Kalau sdh tdk bs, tdk ap2.
    Seperti yg disebutkan sblumnya. Bahwa semestinya kita umat islam bersatu, dan tentunya diatas aqidah yang shahih. Kta sdh seharusnya yakin kpd Allah, dgn agama yg telah dibawa nabi kita Muhammad SAW. Maka bilamana kt mau kembali kpd ajaran yg bnr, insyaAllah kt akan kembali menjadi islam yang kuat, yg tdk mudah tercerai berai, yg tdk slg menjatuhkan satu sama lain, jg dpt mengalahkan musuh seperti dlm perang tsb. Tdk hanya itu, dr cerita diatas, terlihat bahwa kaum muslimin berprasangka baik thp Allah, dtmbh melalui mimpi tersebut, semakin yakin bahwa Allah akan membantu. InsyaAllah. Sikap2 persatuan dan ap yg telah terjadi di andalus, sangat perlu menjadi contoh jika islam d masa skrg ingin bangkit

  7. susanti says:

    Message..bismillah
    Pesan yg dapat kita ambil adalah bersatu kita teguh bercerai kita runtuh,kita harus selalu bsa membaca situasi di sekitar kita,apapun itu intinya harus selalu waspada,karna kta gak tau klo musuh itu ada dimana,,,

  8. Kang Fibri says:

    Berjihad tidak mengenal usia, Ibnu Tasyfin diusia 79 tahun sekalipun pergi ke medan jihad memimpin 15 ribu mujahid menyebrangi lautan, dari Maroko ke Andalusia. Seandainya di Andalusia 250 tahun berikutnya masih ada pemimpin sekaliber Ibnu Tasyfin l, tidak akan ada ‘Tragedi Pembantaian Muslim Andalusia’.

  9. Wahid says:

    Semangat untuk menjadi penghuni surga dengan berjihad diatas manhaj yg shohih.