Sirah Nabi

Apa Rahasia Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam Terpilih Dari Suku Yang Terhormat

APA RAHASIA RASULULLAH SHALLALIAHU ‘ALAIHI WA SALLAM TERPILIH DARI SUKU YANG TERHORMAT?

1. Di antara hikmahnya adalah agar misinya yang mengajak kepada persamaan derajat dan penegakan keadilan tetap terbangun di atas landasan yang kokoh dan bukan didasari oleh kondisi kejiwaan yang selama ini terhimpit, serta oleh keinginan untuk mendapatkan status sosial, karena semua itu telah dimiliki oleh keluarganya. Seandainya beliau tidak memiliki kedudukan yang tinggi ini, niscaya kita mendapati orang yang mengatakan bahwa sesungguhnya Muhammad hanya mencari sensasi untuk mendapatkan status sosial. Kita telah banyak menyaksikan perjuangan ideolog-ideologi batil yang dilatarbelakangi penindasan yang mereka alami dalam kehidupan mereka,[1] seperti ajaran Atheis Marxisme, yang dipelopori oleh seorang yang tertindas dalam masyarakatnya, kemudian orang tersebut melakukan perlawanan terhadap sistem kapitalis untuk mendapatkan status dan kedudukan yang belum pernah dia rasakan dalam kehidupannya.

2. Sesungguhnya orang-orang Arab yang mengenal silsilah nasab beliau dan otentisitasnya, maka tidak ada keberatan bagi mereka untuk bergabung di bawah benderanya. Bisa kita bayangkan bagaimana respons kabilah-kabilah tersebut, apabila dengan tiba-tiba ada hamba sahaya yang muncul (untuk memimpin) di antara kabilah-kabilah Quraisy? Padahal orang-orang kafir saja berkata meskipun beliau memiliki nasab yang tinggi ini, sebagaimana yang difirmankan oleh Allah,

“Dan mereka berkata: “Mengapa Al-Quran ini tidak diturunkan kepada seorang besar dari salah satu dua negeri (Mekah dan ‘Thaif) ini?” (QS. Az-Zukhruf: 31).

3. Keberadaan Rasulullah Shallallahu Alaihi wa Sallam berasal dari kabilah yang terhormat, maka manfaatnya akan kembali kepada beliau dalam bentuk perlindungan dan pembelaan, dan terbukti bahwa kabilah Rasulullah Shallallahu Alaihi wa Sallam telah mengambil peranan penting dalam pembelaan terhadap beliau pada peristiwa pemboikotan. Ketika semua orang kafir mengupayakan pembunuhan terhadap Rasulullah Shallallahu Alaihi wa Sallam, maka kendala yang paling berarti bagi mereka adalah kabilah Rasulullah Sliallallaliu Alaihi wa Sallam, seperti sikap Abu Thalib yang terkenal itu, termasuk peristiwa masuk Islamnya Hamzah Radhiyallahn ‘anhu, sebagaimana yang disebutkan oleh buku-buku Sirah, penyebab utamanya adalah untuk melakukan perlindungan dan pembelaan terhadap sanak saudaranya.

Foot Note:

[1] Lihat; Shalih As-Syami, dalam Kitab; Min Mu’ini As-Syirah, hal.17-18.

Sumber: Fikih Sirah, Prof.Dr.Zaid bin Abdul Karim az-Zaid, Penerbit Darussunnah

Artikel: www.KisahIslam.net

Share:

Leave a reply