Lahir, Telinganya Sudah Ditindik

Dikisahkan oleh Abu al Hasan putra Ishaq ibn Rahawaih, “Ayahku (Ishaq ibn Rahawaih) ketika baru lahir dari perut ibunya sudah dalam keadaan tertindik telinganya. Akhirnya, kakek (Rahawaih) pergi menemui Fadl ibn Musa al Sinani untuk menanyakan tentang keanehan itu, lalu beliau mengatakan, “Anakmu ini akan menjadi tokoh kebaikan atau tokoh kejelekan.”

(Diriwayatkan oleh al Khatib Al Baghdadi dalam Tarikh Baghdad 6/347 dan Adz Dzahabi dalam Siyar A’lam an Nubala 11/380 seraya mengatkan, “Sanad ini bagus dan kisah ini menakjubkan.”)

Ibn al Qayyim juga menukil kisah ini seraya mengomentarinya, “Sepertinya, Fadl ibn Musa berfirasat karena bayi tersebut memiliki ciri khas yang berbeda dari bayi-bayi biasa lainnya maka dia akan menjadi tokoh dalam agama atau dunia. Dan faktanya, beliau (Ishaq ibn Rahawaih) menjadi tokoh di zamannya dalam ilmu, hadits, tafsir, sunnah, amar ma’ruf nahi mungkar serta membantah Jahmiyyah dan ahli bid’ah di Khurasan. Dialah yang menebarkan sunnah di negeri Khurasan dan memiliki kedudukan yang tinggi di sisi pemimpin karena dengan sebab dia, Allah memenangkan kebenaran dan menghinakan musuh-musuhnya di hadapan sang pemimpin.” (Ahkam al Maulud hal.350-351)

Artikel: www.KisahIslam.net

Facebook Fans Page: Kisah Teladan & Sejarah Islam

=

Comments
All comments.
Comments