Peristiwa Tahun Hijriyah

Peristiwa Penting yang Terjadi Pada Tahun 9 Hijriyah

1. Terjadi Perang Tabuk

Pada musim panas tahun 9 Hijriyah, umat Muslim mendengar kabar bahwa Bizantium dan sekutu Ghassaniyah-nya telah menyiapkan pasukan besar untuk menginvasi Hijaz dengan kekuatan sekitar 40.000 pasukan + gabungan dari kabilah-kabilah arab yang bergabung bersama mereka seperti Kabilah Lakhm, Judzam dan lainnya yang beragama Nasrani.

Kaisar Bizantium Heraclius menganggap bahwa kekuasaan kaum Muslimin di Jazirah Arab berkembang dengan pesat, dan daerah Arab harus segera ditaklukkan sebelum orang-orang Muslim menjadi terlalu kuat dan dapat menimbulkan masalah bagi Bizantium.

Tapi, ketika pasukan Romawi dan sekutunya mendengar bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam telah menggalang pasukan, muncul ketakutan dan kekhawatiran yang merambat hati mereka, sehingga mereka tidak berani maju menyerang. Mereka berpencar-pencar dibatas wilayah mereka sendiri. Dan akhirnya mereka menarik diri dan tidak jadi berperang. Pasukan Islam pun meninggalkan tabuk dengan membawa kemenangan, tanpa mengalami tekanan sedikitpun.

2. Penghancuran tempat makar kaum munafik yang diatasnamakan masjid (Masjid Dhirar).

3. Sserang wanita Ghamidiyah dirajam setelah dia mengakui telah berbuat zina. Dia dirajam setelah menyapih anak dari hasil perzinaan itu.

4. Raja Najasyi Ashhamah meninggal dunia, lalu Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam melaksanakan shalat ghaib.

5. Ummu Kultsum binti Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam meninggal dunia, yang membuat beliau sedih. Beliau bersabda kepada Utsman bin Affan, “Andaikan aku masih mempunyai putri yang ketiga, tentu akan kunikahkan ia denganmu.”

6. Pemimpin orang-orang munafik, Abdullah bin Ubay bin Salul, meninggal setelah Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam pulang dari Tabuk. Beliau memintakan ampunan baginya dan menshalati jenazahnya, setelah Umar bin Khaththab berusaha menghalangi beliau untuk menshalatinya. Setelah itu turun ayat yang membenarkan sikap Umar bin Khaththab.

Dikutip dari Ensiklopedi Sejarah Islam, Tim Riset Dan Studi Islam Mesir, Sirah Nabawiyyah – Syaikh Shafiyurrahman al Mubarakfuri & Bidayah wan Nihayah – Ibnu Katsir

Artikel: www.KisahIslam.net

Fanspage: Kisah Teladan & Sejarah Islam

=

Share:

2 comments

Leave a reply

Hosted by Bestariwebhost - Web Hosting murah Vps Murah Indonesia