Peristiwa Tahun Hijriyah

Peristiwa yang Terjadi Pada Tahun 4 Hijriyah

1. Peristiwa Ar Raji’

Setelah perang Uhud selesai,Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam mengutus pasukan untuk mengintai gerak-gerik musyrikin Quraisy dan mengangkat Ashim bin Tsabit sebagai pemimpinya. Merekapun berangkat hingga tiba di antara ‘Usfan dan Makkah. Ternyata berita ini dibocorkan (kaum ‘Adhal dan Al-Qarah) kepada Bani Lihyan, yang lantas membuntuti dan menyerang mereka.

Tujuh orang terbunuh dan tersisa 3 orang yaitu: Khubaib, Zaid, serta seorang lagi. Setelah orang yang satu ini melihat adanya pengkhianatan dari pihak lawan maka dia menolak ikut mereka. Akhirnya pasukan itu menyeretnya namun dia tetap menolak. Maka merekapun membunuhnya.

Adapun Khubaib, ia dibunuh di Mekkah, seraya berkata:

“Aku tidak pernah peduli ketika aku terbunuh sebagai muslim
Di bagian manapun tubuhku jatuh terbunuh karena Allah
Itu untuk membela Dzat Allah2, dan kalau Dia kehendaki
Tentu Dia berkahi salah satu anggota tubuhku yang terputus.”

Adapun Zaid, Abu Sufyan (sebelum beliau masuk Islam) berkata kepadanya:”Aku bertanya kepadamu dengan nama Allah wahai Zaid, apakah engkau suka kalau Muhammad sekarang berada di sini menggantikan posisimu untuk dibunuh, dan engkau bersama keluargamu?”

Maka Zaid radhiyallahu ‘anhu bekata:”Demi Allah, aku tidak suka kalau Muhammad shallallahu ‘alaihi wasallam sekarang berada pada tempat beliau yang di sana beliau tertusuk duri sedangkan aku duduk bersama keluargaku.”

Abu Sufyan berkata: ”Aku tidak pernah melihat seorang pun yang mencintai seseorang melebihi kecintaan Sahabat Muhammad terhadap Muhammad shallallahu ‘alaihi wasallam. Kemudian Nisthas membunuhnya.

2. Ekspedisi Bi’ru (Sumur Ma’unah)
Rasulullah mengutus 70 shahabatnya yang dikenal dengan nama al Qurra’. Kemudian mereka di hadang di sebuah sumur yang dikenal dengan sumur Ma’unah oleh dua kabilah dari Bani Sulaim yaitu Suku Ri’l dan Dzakwan. Lalu mereka membunuh semua utusan tersebut. Atas peristiwa ini, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam melakukan doa (qunut) di waktu subuh selama sebulan penuh.

3. Perang Bani Nadhir
Perang ini terjadi pada bulan Rabi’ul Awwal 4H bertepatan pada bulan Agustus 625M. Bani Nadhir adalah orang-orang Yahudi yang tinggal di Madinah dan berencana untuk membunuh Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam Tetapi Allah ta’ala melalui malaikat-Nya Jibril memberitahukan rencana busuk mereka. Mereka juga membatalkan perjanjian dengan Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam. Akhirnya, Rasulullah memerintahkan untuk menyerang mereka.

Setelah melakukan pengepungan benteng selama beberapa hari, mereka pun menyerah dan meletakkan senjata serta di usir dari kota Madinah.

4. Perang Najd
Perang terhadap orang-orang arab badui yang selalu mengganggu kaum muslimin. Perang ini juga dinamakan dengan peperangan Dzatur Riqa’.

5. Perang Badar Kedua / Perang Badar Shughra
Ciutnya nyali kaum musyrikin Quraisy karena ketakutan. Akhirnya mereka kembali ke Makkah dan tidak jadi berperang.

Dikutip dari Ensiklopedi Sejarah Islam, Tim Riset Dan Studi Islam Mesir & Bidayah wan Nihayah, Ibnu Katsir, Sirah Nabi – Syaikh Syafiyyurrahman Al Mubarakfuri

Dikutip dari Ensiklopedi Sejarah Islam, Tim Riset Dan Studi Islam Mesir & Bidayah wan Nihayah, Ibnu Katsir

Kunjungi: www.KisahIslam.net

Fanspage: Kisah Teladan & Sejarah Islam

=

Share:

Leave a reply

Hosted by Bestariwebhost - Web Hosting murah Vps Murah Indonesia