Kisah Shahabiyat

Kisah Ummu Salamah : Buah Mengucapkan Istirja’ Dan Bersabar

pohon 02Istirja’ = mengucapkan إِنَّا للهِ وَإِنَّآ إِلَيْهِ رَاجِعُونَ (Sesungguhnya kami adalah milik Allah dan sesungguhnya kami akan kembali kepadanya).

Dalam hidup ini, orang Muslim kadang dihadapkan pada ujian, bencana, dan cobaan. Maka apabila dia diuji, hendaknya ia bersabar dan mengharapkan pahala di sisi Allah atas musibahnya; karena tidak ada sesuatu pun yang tersia-siakan di sisi Allah, bahkan Allah akan menggantinya dengan sesuatu yang lebih baik daripada apa yang Dia ambil darinya.

Berikut ini ada sebuah kisah yang diriwayatkan oleh Imam Muslim dalam Shahihnya:

Dari Ummu Salamah radhiyallahu ‘anha, ia berkata, Aku mendengar Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,
Tidaklah seorang Muslim yang tertimpa suatu musibah, lalu la mengucapkan apa yang diperintahkan Allah, ‘Sesungguhnya kami adalah milik Allah dan Sesungguhnya kami akan kembali kepadaNya. Ya Allah, berilah aku pahala dalam musibahku ini, dan gantikanlah untukku sesuatu yang lebih baik darinya’, melainkan Allah akan memberinya ganti yang lebih baik.

Ummu Salamah berkata, “Ketika Abu Salamah meninggal dunia, aku berkata, ‘Siapakah orang Islam yang lebih baik dari Abu Salamah, (penghuni) rumah yang pertama kali hijrah kepada Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam?’ Lalu aku mengucapkan doa tersebut, maka Allah menggantikan untukku Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam (sebagai suami).”

Wahai orang Muslim, tidaklah Anda perhatikan: Sesungguhnya barangsiapa yang meninggalkan sesuatu karena Allah, niscaya Allah akan menggantinya dengan sesuatu yang lebih baik daripadanya. Barangsiapa yang meninggalkan menampar pipi sendiri, mengoyak-oyak pakaian, meratap, dan kemungkaran-kemungkaran lainnya, kemudian ia memohon pahala di sisi Allah atas musibahnya dan mengembalikan semuanya kepada Allah, niscaya Allah akan menggantinya dan Allah adalah sebaik-baik Pemberi ganti.

Sumber: Kisah-Kisah Nyata, Ibrahim bin Abdullah al-Hazimi, Pustaka Darul Haq

Artikel: www.kisahislam.net

Facebook Fans Page: Kisah Teladan & Sejarah Islam

Silahkan di Share, Copas, Dan Lain-Lain, Dengan Tetap Mencantumkan Sumbernya.

=

Share:

Leave a reply