Wahai Orang Yang Berharap Pahala Tanpa Amal

Wahai orang yang mengharapkan pahala tanpa amal dan mengharapkan taubat dengan panang angan-angan.. Apakah engkau berbicara tentang dunia seperti orang yang zuhud dan bekerja untuk dunia seperti orang rakus yang tidak menerima bagian yang sedikit dan tidak puas dengan bagian yang banyak?

Engkau benci kematian karena dosa-dosamu, dan engkau mengurus hal-hal yang dibenci oleh kematian. Nafsumu bisa mengalahkanmu untuk hal-hal yang engkau duga dan tidak bisa mengalahkan untuk hal-hal yang engkau yakini. Engkau tidak percaya tentang rizki yang sudah dijamin untukmu. Engkau tidak melaksanakan kewajiban yang dibebankan kepadamu. Engkau terlalu banyak berbuat kemaksiatan yang bisa menistakan dirimu.

Tidak tahukah engkau bahwa dunia itu seperti ular? Lunak bila disentuh, tapi di dalam tubuhnya tersimpan racun yang ganas. Anak kecil yang bodoh akan mudah tertarik kepadanya, tapi orang yang cerdas dan berakal sehat akan waspada terhadapnya. Bagaimana mungkin dunia bisa menenteramkan hati orang yang mengetahui jati dirinya?! Dan betapa sulitnya untuk dipisahkan darinya orang yang akrab dengannya.

(A t-Tabshirah, Ibnul Jauzi, 1/54-55)

Artikel: www.kisahislam.net

Facebook Fans Page: Kisah Teladan & Sejarah Islam

Silahkan di Share, Copas, Dan Lain-Lain, Dengan Tetap Mencantumkan Sumbernya.

=

Comments
All comments.
Comments