Biografi: Syaikh ‘Abdullah bin ‘Abdurrahman Abu Buthain (1194 – 1282 H)

Beliau adalah seorang imam, ulama, dan Qadhi. Nama lengkapnya Syaikh Abdullah bin Abdurrahman bin Abdul Aziz bin Abdurrahman bin Abdullah bin Sulthan bin Khamis. Sebagaimana para leluhurnya, beliau juga mendapat julukan Abu Buthain.

Dilahirkan di kota Raudhah, masuk wilayah Sudir, Saudi Arabia, pada bulan Dzulqa’dah 1194 H (1773). Beliau dibesarkan di kota tersebut dan belajar kepada ulama setempat, Syaikh Muhammad bin Tarrad Ad-Dausari.

Syaikh Abdullah kemudian melakukan perjalanan menuju Shaqra, wilayah Qashim, untuk belajar ilmu tafsir, hadits, fikih dan ushuludin kepada Qadhi daerah itu, Syaikh Abdul Aziz Al-Hushain. Beliau juga belajar kepada Yang Mulia Syaikh Hamid bin Nashir bin Utsman bin Mu’ammar At-Tamimi, penulis kitab Al-Fawakih Al-‘Athab.

Syaikh Abdullah memiliki semangat tinggi dalam belajar. Beliau akhirnya menjadi seorang imam pada waktu itu, sebagaimana dikutip oleh penulis kitab As-Suhub AI-Wabilah tentang Syaikh Abdullah, “Beliau adalah seorang ulama di wilayah tersebut dan seorang ulama di abad ketiga belas tanpa diragukan lagi.”

Syaikh Abdullah kemudian diangkat menjadi Qadhi untuk kota Thaif, kemudian pindah ke Qashim untuk beberapa tahun. Banyak orang telah belajar dan mendapat banyak manfaat dari beliau. Syaikh Abdullah seorang pengajar yang sabar, tidak mudah bosan dan capai.

Syaikh Abdullah banyak menghasilkan karya tulis (kitab) yang bermanfaat. Beliau telah meringkas kitab karya Ibnul Qayyim, Bada’i Al-Fawa’id, membuat catatan yang begitu berharga terhadap syarah kitab AI-Muntaha dalam begitu banyak jilid, membuat catatan terhadap syarah kitab Ad-Durrah Al-Mudhiyyah dan syarah kitab Aqidah As-Safarani. Beliau juga menulis kitab Kasyfu Talbis Dawud bin Sulaiman bin Jarjis dan Intishar Ii Hizbillah Al­Muwahhidin. Fatwa-fatwa beliau sebagai seorang mufti negeri Najd terkumpul dalam kitab yang yang berjudul Ar-Rasaail wa Masaail An-Najdiyah.

Syaikh Abdullah meninggal pada tanggal 7 Jumadil Ula 1282 H (1861)

Tertulis dalam kitab As-Suhub AI-Wabilah: “…dengan kematian beliau maka hilang pula metode (keilmuan) yang dimiliki Syaikh Abdullah, dimana beliau begitu menguasai bidang tersebut. Beliau memiliki daya telaah yang begitu mengagumkan.”

Sumber: Buku “Untaian Indah Biografi Kehidupan Ulama Ahlus Sunnah”, Penerbit at Tuqo

Artikel: www.kisahislam.net

Comments
All comments.
Comments