Bersafar Mencari Ilmu & Menjaga Kehormatan

Berpisah dengan kampung halaman sungguh berat rasanya, hati pun seakan merintih kesakitan. Tatkala Rosululloh shollallohu ‘alayhi wa ‘ala aalihi wasallam terpaksa meninggalkan kota makkah, beliau pun menatapnya sambil berkata (yg artinya),

“Demi Alloh, aku benar-benar akan meninggalkanmu sedang aku tahu pasti bahwa engkau adalah bumi yang paling dicintai Alloh dan paling mulia disisiNya…Kalaulah bukan karena pendudukmu yang mengusirku maka aku tidak akan keluar darimu.”

Para Ulama pun telah menghadapi segalanya selama di perantauan, dan itu semua tidak mematahkan semangat mereka dalam mendari ilmu. Umpamanya Imam Ahmad, ketika beliau pergi mengunjungi ‘Abdurrozzaq Ash-Shon’ani di yaman (padahal beliau Imam Ahmad berdiam di Baghdad), beliau pun kehabisan bekal di tengah jalan, beliau memperkerjakan dirinya (padahal beliau adalah seorang ‘alim besar yang disegani) pada orang-orang yang bisa mengantarkannya hingga beliau tiba di kota shon’a. Sudah berulang kali beliau ditawari bantuan materi oleh sahabat-sahabatnya, namun beliau tidak mau mengambilnya sedikitpun.{Manaqib Imam Ahmad, Ibnul Jauzy hal.226}

Suatu ketika Imam Ahmad menggadaikan terompahnya pada seorang tukang roti demi mendapatkan makanan darinya sewaktu beliau keluar meninggalkan negeri yaman. Ketika menuturkan tentang berbagai cobaan berat yang dialami Imam Ahmad selama perjalanannya ke yaman hingga menetap di sana beberapa waktu untuk mencari ilmu dan mencatat hadits, Al-Hafidz Ibnu Katsir berkata,”Suatu ketika pakaian beliau dicuri orang sedangkan beliau ketika itu berada di yaman. Maka beliau pun duduk termangu di dalam rumah dan menutup pintunya. Para sahabat beliau pun merasa kehilangan, lalu mereka mendatangi beliau dan menanyakan kabar beliau. Maka beliau pun menceritakan apa yang beliau alami, serta-merta mereka menyodorkan emas kepada beliau namun beliau menolaknya, dan hanya mengambil sekeping uang dinar dari mereka sebagai imbalan atas kitab yang beliau tulis untuk mereka. Jadi satu dinar tersebut beliau terima sebagai upah menyalin kitab untuk mereka. Semoga Alloh ‘Azza wa Jalla merahmati beliau dengan rahmat yang seluas-luasnya.

Sumber: Buku “Langkah Pasti Menuju Bahagia”, DR. Abdul Muhsin bin Muhammad Al-Qosim (khothib dan Imam Masjid Nabawi), pustaka At-Tibyan.

Artikel: www.kisahislam.net

Facebook Fans Page: Kisah Teladan & Sejarah Islam

=

Comments
All comments.
Comments