Kisah Palsu Tentang Khalifah Harun Ar Rasyid

Syaikh Shalih Fauzan bin Abdullah Al Fauzan hafidzahullah ditanya :

Disebutkan pada sebagaian buku sejarah, terutama pada kitab 1001 malam bahwa khalifah kaum muslimin Harun Ar Rasyid tidak dikenal kecuali sebagai seorang yang melakukan perbuatan sia-sia dan minum khamr, apakah cerita ini benar ?

Syaikh hafidzahullah menjawab :

Ini adalah suatu kedustaan dan penipuan dalam sejarah Islam. Dan kitab 1001 malam merupakan kitab yang bermasalah, tidak bisa dijadikan sandaran dan tidak selayaknya seorang muslim menyia-nyiakan waktunya untuk menelaah kitab terebut.

Harun Ar Rasyid dikenal dengan kebaikan, istiqamah, dermawan serta baik dalam memimpin rakyatnya. Dia menunaikan ibadah haji pada suatu tahun kemudian pada tahun berikutnya dia berperang/berjihad. Maka janganlah engkau memperhatikan dan mempercayai pada kedustaan yang ada pada kitab tersebut.

Tidak selayaknya bagi seorang muslim untuk membaca sebuah kitab kecuali jika ada faedah didalamya, seperti kitab sejarah yang terpercaya, kitab tafsir, hadits, fiqih dan kitab-kitab aqidah yang dengannya seorang muslim mengetahui perkara agamanya. Adapun kitab yang bermasalah maka tidak selayaknya bagi seorang muslim terlebih lagi seorang penuntut ilmu menyia-nyiakan waktu dengan menelaahnya.

Sumber : http://islamancient.com/play.php?catsmktba=15799 via http://abukarimah.wordpress.com

Artikel: www.kisahislam.net

http://pustakaimamsyafii.com/gambar/TOAx.jpg

Comments
All comments.
Comments