Biografi: Syaikh Al-Allamah Abdul Aziz Al-Muhammad Al-Salman

Nasab

Beliau adalah Al-Alim Al-Allamah Al-Mufassir Al-Ushuly Al-Faqih Al-Fardhy Al-Wara’ Al-Zahid Syaikh Abdul Aziz ibn Muhammad Al-Abdurrahman ibn Abdul Muhsin Al-Salman (Abu Muhammad) dari Qabilah Utaibah, sebuah qabilah yang masyhur di bangsa Arab. (Ulama, Al-Allamah, Guru besar, Ahli tafsir, Ahli Ushul, Ahli fiqh, Ahli waris, Wara’, Zuhud.

Kelahiran dan Perjalanan Ilmu

Beliau lahir di kota Unaizah, malam 25 Ramadhan 1339 H. Dari kecil, beliau hidup dalam keluarga yang penuh dengan ilmu, wara’, dan zuhud. Dan bapaknya meninggal saat beliau masih kanak-kanak. Maka, ibunya menitipkannya kepada Ruqayyah binti Syaikh Abdul Aziz ibn Syaikh Muhammad ibn Ibrahim Al-Sinany. Pada tahun 1345 (usia 6 tahun), beliau masuk sekolah Tahfidzul Qur’an pada seorang guru yang bernama Muhammad ibn Abdul Aziz Al-Damigh, dan selesai dalam waktu 3 tahun (usia 9 tahun). Kemudian, beliau melanjutkan di Madrasah Syaikh Shalih ibn Nashir Shalih. Di sini beliau belajar tulis-menulis, qiraah, khath, dan matematika, dan selesai setelah 3 tahun (usia 12 tahun). Dan beliau telah menyempurnakan hafalan Al-Qur’annya dalam dua tahun kemudian (usia 14 atau 15 tahun).

Pada tahun 1353 H (usia 14 tahun), beliau mulai belajar kepada Syaikh Al-Allamah yang ada di Qashim, yaitu Syaikh Abdurrahman ibn Nashir Al-Sa’dy. Beliau berguru kepada Syaikh Al-Sa’dy selama 16 tahun penuh, yaitu hingga tahun 1369 (usia 30 tahun). Saat itu, beliau sudah hafal kitab Zad Al-Mustaqni’, Bulughul Maram, dan Alfiyah ibn Malik.

Beliau banyak terpengaruh dengan dua imam besar, yaitu Syaikhul Islam ibn Taimiyah dan Ibn Qayyim Al-Jauziyah. Beliau banyak membaca, menelaah, dan memfokuskan diri dengan semua kitab dua imam besar ini. Beliau banyak mengambil manfaat dari keduanya. Hal ini terlihat dari semua karya ilmiahnya, apalagi setelah beliau mengajarkan kitab Al-Aqidah Al-Wasithiyah karya Syaikhul Islam ibn Taimiyah untuk waktu yang lama. Bahkan, beliau akhirnya menulis buku tanya-jawab seputar materi Al-Aqidah Al-Wasithiyah, baik yang seri lengkap maupun ringkasan. Akhirnya, beliau membuat kitab penjelasan (Syarh) terhadap Al-Aqidah Al-Wasithiyah dengan judul Al-Kawasyif Al-Jaliyah ‘an Ma’any Al-Wasithiyah.

Profesi

Tahun 1369 (usia 30 tahun) beliau berpindah ke Riyadh. Dan sembilan hari sejak kedatangannya, Mufti Kerajaan Saudi Arabia saat itu, Syaikh Muhammad ibn Ibrahim Al-Syaikh memilih beliau untuk menjadi Imam di Masjidnya. Beliau menjadi imam hingga tahun 1405 (usia 66 tahun). Pada 24 Dzul Hijjah 1370 (usia 31 tahun), beliau juga diangkat untuk menjadi dosen di Al-ma’had Al-Ilmy di Riyadh, kemudian pindah ke Ma’had Imam Al-Da’wah Al-Ilmy. Beliau dipercaya untuk mengajar mata kuliah Tauhid, Fiqh, Tafsir, dan Hadits. Dan beliau termasuk dosen pertama yang menyelesaikan pengangkatannya di Ma’ahid Ilmiah (berbagai sekolah tinggi). Beliau terus mengajar hingga menyelesaikan masa baktinya selama 15 tahun, hingga selesai pada tahun 1404 (usia 65 tahun). Dan beliau menyibukkan diri dalam dua tahun terakhirnya untuk menulis berbagai buku.

Karya-karya Ilmiah dan Pengaruhnya.

Beliau termasuk ulama yang produktif dalam menulis buku. Semua karya beliau diterima secara baik oleh kalangan ilmiah, ulama, dosen, dan penuntut ilmu. Dan mendesak untuk disebutkan di sini bahwa sering kali beliau ditawari untuk mempatenkan karya beliau, baik untuk disebarkan atau dicetak. Namun beliau menolak semua tawaran tersebut dan mengatakan bahwa semua karya ilmiahnya adalah waqaf untuk Allah ta’alaa dan tidak menginginkan apapun selain balasan dari Allah azza wa jalla.

Diantara karya ilmiah beliau

1. Dalam bidang tafsir dan ulumul Qur’an, beliau menulis kitab Al-Anwar Al-Sati’at li Ayaat Jami’aat atau Al-Burhan Al-Muhkam fii Anna Al-Qur’an Yahdi lillati Hiya Aqwam (2 jilid);

2. Dalam bidang Aqidah ada tiga kitab: Al-As’ilah wa Al-Ajwibah Al-Ushuliyah ‘alaa Al-Aqidah Al-Wasithiyah; Mukhtashar Al-As’ilah wa Al-Ajwibah Al-Ushuliyah ‘alaa Al-Aqidah Al-Wasithiyah; dan Al-Kawasyif Al-Jaliyah ‘an Ma’any Al-Wasithiyah.

3. Dalam bidang Fiqh ada 6 kitab: Al-As’ilah wa Al-Ajwibah Al-Fiqhiyyah Al-Mqrunah bi Al-Adillah Al-Syar’iyah (6 jilid); Ittikhaf Al-Muslimin bimaa Tayassara min Ahkam Al-Din, Ilmun wa Dalil (2 jilid); Al-talkhishat li Julli Ahkam Al-Zakah; Awdhah Al-Masalik ilaa Ahkam Al-Manasik; Al-Manahil Al-Hissan fii Durus Ramadhan; Al-Kunuz Al-Maliyah fii Al-Fara’idh Al-Jaliyah.

4. Dalam bidang Pengantar Islam: Min Mahasin Al-Din Al-Islamy.

5. Dalam bidang Mu’jizat Islam: Min Mu’jizat Al-Naby.

6. Dalam bidang Sastra seputa Zuhud dan Hikmah: Majmu’ah Al-Qasha’id Al-Zuhdiyat (2 jilid).

7. Dalam bidang Motivasi: Mawarid Al-Dhom’aan li Durus Al-Zaman; Miftah Al-Afkar litta’ahub li Daar Al-Qarar (3 jilid); Irsyad Al-Ibad li Al-Isti’dad li Yaum Al-Ma’ad; Iqadh Uly Al-Humam Al-Aliyah ilaa Ightinam Al-Ayyam Al-Khaliyah; Silah Al-Yaqdhan li Tard Al-Syaithan; Ightinam Al-Awqat fii Al-Baqiyat Al-Shalihat.

Wafatnya. Beliau wafat pada hari Ahad, 19 Shafar 1422 H (pada usia 83 tahun). ***

Sumber: http://saaid.net/warathah/alsalman/1.htm via facebook Biografi Ulama

Artikel: www.KisahIslam.net

Facebook Fans Page: Kisah Teladan & Sejarah Islam